ASOSIASI KELOMPOK SPP ” SRIKANDI PNPM-MPd” BUKA KIOS

ASOSIASI KELOMPOK SPP ” SRIKANDI PNPM-MPd”
BUKA KIOS 



      Wilayah Kecamatan Tanjunganom merupakan daerah pertanian yang subur dengan kondisi masyarakat Kecamatan Tanjunganom yang padat dan ditunjang keberadaan pasar yang strategis maka banyak masyarakatnya yang bergerak dibidang jasa / usaha ekonomi perdesaan sebagai mata pencaharian tambahan selain dari hasil pertanian. 

       Perkembangan kegiatan ekonomi SPP (Simpan Pinjam khusus Perempuan) yang dikelola oleh UPK (Unit Pengelola Kegiatan) Kecamatan Tanjunganom sampai dengan saat ini cukup baik dan prospektif untuk dikembangkan. Pengembalian pinjaman kegiatan SPP mencapai 100 % dengan rasio pinjaman sebesar 1,00 %. Dari modal awal SPP  yang dikelola sebesar Rp. 1.678.800.000,- sampai dengan saat ini asset produktif yang ada menjadi Rp. 3.118.457.150,-. Jadi perkembangan Modal UPK sampai dengan saat ini (dari tahun 2008 - 2013) mencapai sebesar Rp. 1.439.657.150,- (86 %). 
            Jumlah kelompok sebanyak 326 kelompok, sehubungan dengan perkembangan & pertumbuhan kelompok SPP yang semakin banyak dari tahun ke tahun, maka dipandang perlu untuk meningkatkan pelayanan & pendampingan kepada kelompok  di bidang keterampilan, wirausaha, dan industri rumah tangga agar ke depannya lebih trampil, mandiri & maju.
       Pada tahun 2012 mendapatkan perhatian dari kelembagaan ( BKAD & UPK) sehingga mengalokasikan dana kelembagaan untuk pengembangan kelompok. Dan pada tahun 2013 dana pengembangan kelompok baru direalisasikan untuk pembentukan asosiasi kelompok SPP & menyewa kios sebagai wadah kelompok se - Kecamatan Tanjunganom untuk berkomunikasi dan mengembangkan usaha home industri pemanfaat dari masing-masing kelompok.
              Cikal Bakal pembentukan Asosiasi kelompok SPP adalah adanya perkembangan & pertumbuhan kelompok SPP yang pesat dan perlu wadah untuk melestarikan kelompok-kelompok yang ada. Asosiasi kelompok SPP dibentuk dengan azas Dari, Oleh & Untuk kelompok & pemanfaat SPP  Kecamatan Tanjunganom. 


Adapun tujuan Pembentukan Asosiasi Kelompok SPP adalah :

Kelompok mempunyai kemampuan dibidang manajemen/pengelolaan usaha bersama
Kelompok mempunyai tambahan pengetahuan di bidang wirausaha
Peningkatan kapasitas pengurus dan anggota kelompok dibidang produksi, jaringan distribusi, strategi promosi & persaingan harga jual.
Kelompok bisa saling bekerja sama di bidang pengembangan & pemsaran usaha dengan tujuan omset penjualan meningkat.
Peningkatan kapasitas pengurus & anggota dibidang peningkatan permodalan.

SUSUNAN KEPENGURUSAN 
ASOSIASI KELOMPOK SPP ” SRIKANDI PNPM Mandiri Perdesaan ”
KEC. TANJUNGANOM KAB. NGANJUK

NO. N A M A JABATAN ALAMAT
1. Srinatun Ketua Desa Kampungbaru
2. Endang Sukowati Sekretaris Desa Tanjunganom
3. Laminem Bendahara Kel. Warujayeng
4. Siti Rokhaniah Devisi Pemasaran Desa Sidoharjo
  Tri Susanti   Desa Kedungrejo
5. Sri Peni Devisi Promosi Desa Jogomerto
  Emi   Desa Kedungombo
6 Siti Eko Rudi P Devisi Umum Desa Kampungbaru

Manfaat yang dapat diambil 
1. Sebagai upaya pelestarian/pemeliharaan kegiatan SPP  di Kecamatan Tanjunganom Kab. Nganjuk.
2. Sebagai wadah pengembangan usaha micro yang dikelola kelompok / pemanfaat SPP PNPM Mandiri         Perdesaan, yaitu :
        • Adanya SPP dengan jasa ringan bisa menambah modal usaha masyarakat Kec. Tanjunganom.
        • Membantu memasarkan produk home industry anggota kelompok SPP
        • Memfasilitasi promosi produk kelompok pada even—even pameran & bazar.
        • Memperkuat ikatan pemersatu & talisulaturahmi antar kelompok
3. Sebagai motivasi kepada masyarakat, khususnya kaum ibu rumah tangga untuk berani membuka usaha        yang lebih baik lagi.

2 komentar:

  1. Saya sedang survey perkembangan penggunaan Teknologi Informasi Berbasis Internet maupun penggunaan aplikasi berbasis Linux/Free Open Source Software di wilayah kab. Nganjuk, karena saya sendiri asli Nganjuk, hehehe ^_^b

    Kunjungi salah satu blog'e wong Nganjuk juga www.ekosuhartono.com.

    BalasHapus
  2. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya Wanda Hamidah, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh.Rasheed atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    BalasHapus