Bupati Buka Pencanangan BBGRM Ke X dan Peringatan HKG PKK Ke 44 Yang Banyak Diwarnai oleh Penampilan PNPM Mandiri Perdesaan

NGANJUK – Bupati Nganjuk, Drs. H. Taufiqurrahman, Rabu (29/5/2013) mencanangkan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke X dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 41 di Balai Desa Kecubung Kecamatan Pace. Pencanangan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Taufiq.

Acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke X dihadiri Ketua DPRD Kab Nganjuk, Nurwadi Nurdin, jajaran Kepala SKPD, Ketua Tim Penggerak PKK Kab Nganjuk, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa, Camat se Kab Nganjuk, Kepala Desa se Kec Pace, para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta masyarakat PNPM Mandiri Perdesaan yang cukup banyak.

Dalam sambutannya, Bupati Taufiq, mengatakan agenda tahunan ini sangat strategis yang perlu dikembangkan pemda dan semua elemen, cukup variatif terutama dengan penampilan PNPM Mandiri Perdesaan yang begitu perkasa dan jaya membangun beserta masyarakat. Dengan pencanangan ini menunjukkan bagian dari tanggungjawab pembangunan oleh pemerintah dan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Plt Sekda Kab Nganjuk, Drs. H. Masduqi, M.Sc, MM mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan berdasarkan semangat kebersamaan dan kegotongroyongan dengan sasaran meningkatkan persatuan dan kesatuan serta partisipasi dan kemitraan masyarakat dalam pembangunan.

Tema kegiatan ini adalah “Bangkitkan semengat gotong royong melalui gerakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga menuju masyarakat mandiri dan sejahtera”.

Menurut Masduqi, pelaksanaan bulan bhakti gotong royong dilaksanakan di setiap desa/ kelurahan disesuaikan dengan prioritas kebutuhan masyarakat meliputi bidang kemasyarakatan, bidang ekonomi, social budaya dan agama serta bidang lingkungan.

“Kita harapkan instansi dan SKPD terkait berperan sebagai fasilitator kegiatan, serta melakukan monitoring dan evaluasi,” terang Masduqi.

Masih menurut Masduqi, kegiatan pencanangan BBGRM Ke X dan Peringatan HKG PKK ke 41 ini dipusatkan di desa Kecubung didasarkan pada beberapa pertimbangan diantaranya Desa Kecubung merupakan desa juara 1 perlombaan desa tingkat kabupaten tahun 2013 dan semangat gotong royong dan kebersamaan masyarakat desa Kecubung patut dijadikan contoh bagi desa-desa lain di kabupaten Nganjuk.

Pada acara pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke X dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 41 tahun 2013 ini dimulai dengan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan gedung TK Desa Kecubung kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan dan dilanjutkan puncak acara antara lain penyerahan hadiah lomba, pemberian bantuan social dan pameran produk unggulan hasil binaan PNPM Mandiri Perdesaan di 17 kecamatan.

Kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke X dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 41 diwarnai dengan lomba penampilan produk - produk  kreasi para ibu - ibu yang bergabung dalam kelompok desa, dusun antar kecamatan  se-Kabupaten Nganjuk, Jumat (5/5), di lingkungan Balai Desa Kecubung Kecamatan  Pace Kabupaten Nganjuk.

Bupati Nganjuk mengaku bangga dan terharu melihat  penampilan pajangan produk - produk masyarakat terutama ketika beliau mempraktekkan secara langsung bagaimana cara melakukan campuran beton ideal yang terbasa sudah dilakukan oleh masyarakat berkat pelatihan - pelatihan yang diberikan oleh PNPM Mandiri Perdesaan. Beliau juga melihat salah satu miniatur pembangunan gedung TK Desa Kecubung yang di buat sendiri oleh masyarakat desa.


“Saya salut senang melihat penampilan peserta, variasi produk kue yang semakin meningkat kualitasnya bagus dan kompak, warna wrni antar stand peserta cukup meriah sehingga suasna BBGRRM beda dari tahun - tahun sebelumnya, semuanya oleh karena keterlibatan warga PNPM Mandiri Perdesaan secara langsung. Penyajian kreasi masyarakat kelompok utamanya penyajian jenis kue, pakaian dan kerajinan tangan lainnya merupakan kreasi kreasi baru merupakan kombinasi hasil buatan masyarakat yang sebelumnya melalui PNPM Mandiri Perdesaan banyak di peroleh melalui pelatihan - pelatihan yang diberikan secara khusus dalam menu PNPM Mandiri Perdesaan

Jenis produk dari semua kecamatan (17) yang ada di Kecamatan - kecamatan Nganjuk seperti, kue Bronis Cokelat, sari Kedelai, Sari Nanas, macam - macam Jamu-jamuan, Nastar, Getuk Pisang, Telor Asin, Tape  dan Kain Bordir, Alat Permainan Edukkatif dari slah satu kecamatan Rejoso. “Saya melihat semakin banyak hasil produk masyarakat yang siap dipasarkan yang menggambarkan bahwa masyarakat melalui PNPM Mandiri Perdeasan telah mewakili secara seluruh masyarakat lainnya se kabupaten Nganjuk semakin mampu. Bupati mengatakan, wahhh PNPM semakin berjaya banyak hasil yang telah ditampilkan dan membantu masyarakat dalam mengembangkan perekonomian.

Bupati Kabupaten Nganjuk, Drs. H. Taufiqurrahman membuka acara  Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Mayarakat (BBGRRM) ke X dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 41 serta Temu Kader PKK Tingkat Kabupaten Nganjuk di Balai Desa Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk, Senin (03/05/2013), acara tersebut dihadiri ritusan kader PKK se - Kabaputen Nganjuk. Dan mengambil tema “Bangkitkan Semangat Gotong Royong melalui Gerakan Pemberdayaan Keluarga Menuju Masyarakat Mandiri dan Sejahtera”.

Panitia Penyelenggara, Kepala BPMPD Kabupaten Nganjuk, Ibu Dra. Widarwati Dhalilah, melaporkan bahwa maksud dan tujuan kegiatan tersebut yakni meningkatkan motivasi masyarakat dalam pembangunan di bidang pemasyarakatan, bidang ekonomi, sosial budaya, agama, bidang lingkungan serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa menuju perkuatan integrasi bangsa.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk, Hj. Ita Triwibawati mengajak semua untuk merenung bahwa selama 41 Tahun gerakan PKK dalam mendukung proses pembangunan bangsa ternyata telah menunjukkan keberhasilan dan mendapat pengakuan serta penghargaan dari lembaga - lembaga baik nasional maupun internasional. Hal ini mengandung makna bahwa eksistensi gerakan PKK telah diakui secara meluas sebagai gerakan dari dan oleh masyarakat yang merupakan mitra kerja Pemerintah dalam melaksanakan program-program pembangunan.

Ibu Hj. Ita Triwibawati juga menyampaikan beberapa hal, yakni Tim Penggerak PKK perlu memahami tentang hakikat  pemberdayaan masyarakat agar bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dikembangkan senantiasa berkaitan dengan aspek-aspek pemberdayaan masyarakat yang diharapkan. Tim Penggerak PKK juga perlu memahami program-program sosial dasar masyarakat agar dapat mengembangkan berbagai bentuk dan jenis kegiatan program sesuai dengan kebutuhan masyarakat . Tim Penggerak PKK perlu memahami tentang menejemen pembangunan partisipatif sebagai salah satu strategi pemberdayaan masyarakat sehingga dapat mengembangkan kesejahteraan keluarga dan sikap demokrasi dalam keluarga. Keempat Jajaran penggerak PKK perlu memahami penyuluhan peran dan fungsi berbagai dinas, instansi atau lembaga pemerintahan yang mempunyai tugas pokok dan fungsi dalam pemberdayaan masyarakat agar dapat berkoordinasi memajukan gerak langkah program-program pemberdayaan yang dilaksankannya.

Dalam sambutan Bupati Nganjuk, mengajak untuk membangun kesejahteraan masyarakat melalui perwujudan kesejahteraan keluarga yang mandiri dan sejahtera. Memperkokoh dan memperkuat sinergitas diantara kita, mendorong dan memotivasi seluruh masyarakat agar tetap menjunjung jatidiri bangsa Indonesia yang hidup dalam kebersamaan dan kegotong royongan serta menjadikan masyarakat yang kebih berdaya guna dalam rangka mencapai cita-cita yang kita inginkan bersama. Selain itu, dalam rangka mewujudkan masyarakat yang mandiri sejahtera tersebut perlu kita bangun dan bangkitkan peran aktif kader PKK dalam pembangunan yang meliputi bidang Ekonmi, Sosial Budaya dan agama serta bidang lingkungan tanpa harus mengabaikan hal-hal yang di lingkungan masyarakat terkecil yakni berkehidupan berkeluarga. Beliau mengajak untuk bangun dalam menyongsong kehidupan masa depan yang lebih baik dengan menumbuhkembangkan keluarga sejahtera yang didasari  oleh semangat persatuan, kekeluargaan dan kebersamaan diantara kita semua. Akhir acara, Ketua Tim Penggerak PKK memberikan Piagam Penghargaan bagi pengurus TP. PKK Kecamatan/Desa/Kelurahan dan Kader PKK serta pemberian bantuan dari alokasi Bansos PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Pace berupa Sembako.

Bupati Nganjuk dalam Pencanangan Pembangunan Gedung TK Desa Kecubung

Miniatur Gedung TK Desa Kecubung batan masyarakat PNPM MPd
Hadir dalam acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke X dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 41 juga dihadiri oleh Muspida Kabupaten Nganjuk, Kapolres, Dandim 0620, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk, Ketua DWP Kabupaten Nganjuk, para Kepala OPD, Staf Ahli, para Camat beserta Ketua TP PKK Kecamatan,Tokoh Masyarakat,  Muspika dan para Kuwu se-Kecamatan Beber dan seluruh undangan lainnya, namun yang paling banyak mewarnai kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke X dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 41 adalah hadirnya masyarakat PNPM Mandiri Perdesaan dari semua kecamatan dan perwakilan Desa. Cukup meriah terutama ketika keseluruhan acara yang dikemas sejak pagi hari di liput oleh Masmedia Televisi JTV Jatim sehingga masyarakat berupaya menampilkan produk desa sebaik mungkin agar tampil apik dan menarik ketikan ditayang di televisi sore harinya.

Produk Unggulan Kelompok SPP

Acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke X dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 41 dengan upaya yang sangat partisipatif dari pelaku - pelaku Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri seperti semua Fasilitator berpikir positi untuk melakukan   Talkshow secara langsung yang  disiarkan di Televisi JTV pada sore harinya Rabu (29/5/2013) jam 17.00 WIB, dengan topik "PNPM Mandiri Perdesaan hadir di tengah masyarakat meningkatkan akses permodalan bagi masyarakat pelaku ekonomi binaan PNPM Mandiri".

Satu persatu pelaku program sejak dari Bupati Kepala Daerah Nganjuk, Kepala badan Bapemas Nganjuk, Tim FasKab, Fasilitaor, Masyarakat Kelompok di wawancarai oleh JTV.  Lingkungan Balai desa sepenuhnya disemaraki dengan umbul - umbul PNPM dengan penyajian Prinsip -prinsip program yang telah lama dikenal oleh Masyarakat.

Dengan adanya acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke X dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 41, yang dilihat dan dirasakan masyarakat adalah hadirnya PNPM Mandiri Perdesaan sebagai sosok yang membantu dengan sepenuhnya berlangsngnya pembangunan ditengah masyarakat. Ya memang demikian adanya. Amin

Demikian sekilas best practices yang dapat disampaikan oleh Tim FasKab Nganjuk. Wassalam.

NES.

2 komentar:

  1. Saya sedang survey perkembangan penggunaan Teknologi Informasi Berbasis Internet maupun penggunaan aplikasi berbasis Linux/Free Open Source Software di wilayah kab. Nganjuk, karena saya sendiri asli Nganjuk, hehehe ^_^b

    Kunjungi salah satu blog'e wong Nganjuk juga www.ekosuhartono.com.

    BalasHapus
  2. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya Wanda Hamidah, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh.Rasheed atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    BalasHapus